Drupalisme's Blog :)

Blog ini berisi artikel dan tutorial mengenai Drupal dan lain2. Membahas hal yang ringan sampai advanced. Termasuk di dalamnya catatan khusus dari project Drupal yang kami kerjakan untuk System Inventory, Accounting, Integrasi sampai ERP.

 

Konversi PSD ke HTML

14
Sep
2012
webadmin

Konversi PSD ke HTML

Design Web bukan saja membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan daya imaginasi yang baik tetapi Designer harus memahami sifat dari teknologi website. Sayangnya banyak designer tidak menyadari hal ini. Sehingga mereka melakukan explorasi yang menghasilkan karya design sangat bagus di PSD (Photoshop) tetapi hasilnya tidak sebagus aslinya saat dikonversi ke web.
Untuk itu designer harus menyadari beberapa hal penting:

  1. Speed internet di Indonesia belum memadai. Jadi harus ambil patokan di nilai 384 Kbps. Berdasarkan hal ini maka sebuah image besarnya harus maksimal 256 Kbps. Jika lebih maka lakukan slicing (gambar dipecah per 48 KB atau sekitar nya). Nilai 48 KB ini didapat dari 384 : 8, karena 1 byte = 8 bit. Secara umum image sekitar 100 KB masih ok.
  2. Warna akan mengalami degrasi pada saat disimpan dalam format JPG dan PNG, tentu saja akibat resolusi pada kasus #1 di atas
  3. Proses konversi umumnya hanya mampu menangani 90% gambar aslinya
  4. Ukuran layar yang bervariasi. Berbeda dengan iklan konvensional yang ukuran nya tidak berubah, misalnya poster ukuran 1 m x 2 m, sedangkan design komputer dilihat dengan berbagai resolusi dan ukuran layar. itu sebabnya muncul teknologi Responsive Design untuk mengatasi hal ini

Masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan tetapi 3 hal di atas merupakan hal yang utama. (Wendy)